EXC09lolitawinoto’s Blog

June 29, 2009

Anjing Terlatih Sebagai Penyelamat

Filed under: Keistimewaan Anjing — lolitawinoto @ 9:38 am

ANJING TERLATIH SEBAGAI PENYELAMAT

Seekor anjing dikaruniai kepekaan, penglihatan, pendengaran, serta indera penciuman tajam. Dengan kelebihan yang terasah melalui pelatihan, seekor anjing mampu menyesuaikan diri dan bekerja diberbagai medan sulit dalam berbagai aksi penyelamatan gemilang. Beberapa jenis anjing penyelamat yang populer seperti Labrador, AGJ, Dobermann, Malinois, Saint Bernard, Boxer, French Poodle, Dalmatian dan banyak lagi jenis lain telah membuktikan kemampuan ini secara konsisten.

Dari sekian jenis yang bisa disebutkan, Labrador Newfoundland & Saint Bernard cukup populer sebagai anjing penyelamat. Kemudian adapula turunan-turunan anjing yang bisa menjalankan tugas penyelamatan atau search and rescue (SAR) sebaik pendahulu mereka, sebut saja Boxer, German Shepperd yang dipilih dalam institusi kepolisian dan militer di berbagai negara. Jenis lain yang juga sangat diandalkan adalah Dalmatian dan Basset Hound. Bahkan, hampir dipastikan beberapa trah yang kurang dikenal sebagai anjing pekerja ternyata juga memendam kemampuan yang tidak kalah sebagai anjing penyelamat.

Salah satu trah yang dikenal sebagai penyelamat sekaligus penolong adalah Labrador. Anjing ini tidak hanya memiliki kemampuan penyelamatan tetapi bisa pula menjadi sosok anjing penolong yang gesit. Anjing ini bisa diperintah mengambil telepon tanpa mengaitkan kabel telepon, membuka pintu, mengingatkan orang buta agar tidak menyeberang karena ada mobil lewat (situasi berbahaya), atau menarik kursi roda. Bahkan lebih dari itu, anjing yang terlatih dengan baik bisa diperintah untuk beberapa kegiatan yang lazim dilakukan manusia. Misalnya, ada seekor anjing yang bisa diperintah berbelanja dengan membawa daftar belian ke toko terdekat, kemudian membawa pulang belanjaan sang majikan.

Untuk mendampingi penderita tunanetra sudah umum dikenal anjing pemandu. Pada saat ini kemampuan seekor anjing telah pula dimanfaatkan untuk membantu penderita cacat fisik lain, misalnya, anjing yang dilatih mendampingi penderita tuna rungu. Dalam tugas ini, anjing menjadi telinga pengganti, sehingga dalam situasi tertentu anjing ini sangat cekatan membukakan pintu apabila bel rumah berbunyi. Suatu upaya yang menjadi kendala khas para penyandang tuna rungu. Tidak itu saja, anjing ini bisa pula memperingatkan sang majikan bila bayi menangis atau berbagai situasi tertentu lain.

Karakter & Kemampuan Berbeda-beda

Tidak sebatas situasi biasa-biasa saja, pada situasi yang tergolong dramatis sering pula seekor anjing menjadi sosok penyelamat. Beberapa fakta telah pula mencatat momen-momen yang menggambarkan peran anjing-anjing terlatih dalam aksi penyelamatan. Yang paling up to date adalah keterlibatan anjing-anjing terlatih dalam tugas kemanusiaan di daerah-daerah yang diterjang bencana Tsunami, penghujung 2004 lalu.

Menurut catatan dari berbagai literatur. Ternyata ada beberapa trah yang memiliki kemampuan lebih baik dalam tugas tertentu dibanding trah lain. Sebut saja German Shepperd, Belgian Shepperd, Labrador Retriever, dan Golden Retriever yang umum dipilih untuk tugas-tugas, dan kriminalitas obat-obat terlarang. Kemampuan berbeda terlihat pada karakter anjing jenis Saint Bernard bertubuh besar ini mampu bekerja selama 15 – 16 jam nonstop di tengah salju. Di lingkungan Palang Merah (Red Cross) Swiss, anjing ini menjadi salah satu icon kebanggaan negeri Sir Hendry Dunant itu. Selama lebih dari 2 abad lampau, “Barry” nama yang diberikan dalam aksen Jerman untuk Saint Bernard telah membuktikan ketangguhan mereka dalam banyak aksi penyelamatan di gurun salju.

Saint Bernard memiliki kelebihan-kelebihan yang memungkinkan mereka bekerja sangat baik di daerah salju. Saint Bernard bisa diandalkan untuk menjejaki korban di tengah badai salju, karena anjing ini memiliki penciuman istimewa yang ditunjang daya tahan fisik prima. Demikian pula dengan penglihatannya yang tetap fokus hingga jarak 50 yard, serta kemampuan adaptasi mereka luar biasa terhadap cuaca buruk.

Sementara di perairan luas seperti lautan atau danau, beberapa jenis anjing memperlihatkan kinerja gemilang. Newfoundland mahir menolong orang yang tenggelam. Jenis ini memiliki sosok yang tegap dan kuat, lembut namun sangat berinisiatif. Karakter ini yang menunjang kinerja Newfoundland di air. Pada saat beraksi, biasanya anjing ini tidak akan meninggalkan korban sebelum ada orang yang datang untuk membantu. Ini adalah situasi yang tentu saja menguntungkan dan sangat membantu secara psikologis bagi korban tenggelam.

Dengan latihan teratur akan mendongkrak kemampuan kerja anjing ini. Tetapi kehebatan ini juga tidak bisa dilepaskan dari faktor warisan leluhurnya. Dalam soal aksi di perairan, Labrador Retriever juga memiliki kemampuan yang tidak bisa diremehkan. Berdasarkan riwayat turunan, anjing dari Newfoundland ini memang diyakini sebagai turunan anjing air sebagaimana terlihat dari karakter fisik berupa mantel bulu halus di badan mereka.

Labrador Retriever bisa bersikap sangat tenang manakala berada di air dingin sekalipun. Ekor dan jaringan halus diantara jari-jari kaki, seperti yang umum dimiliki anjing air akan menunjang aksi mereka di dalam air. Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat seekor Labrador yang terlatih akan mengubah sosok anjing ini sebagai perenang ulung.

Kemampuan anjing memang berbeda-beda. Satu hal yang tidak lekang dalam hubungan makhluk ini dengan manusia adalah kemampuan mereka beradaptasi, dan menjadi mitra dari zaman ke zaman. So sweet…

Sumber:

www.anjingkita.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: