EXC09lolitawinoto’s Blog

July 5, 2009

Tips Merawat Anjing

Filed under: Kesehatan Anjing — lolitawinoto @ 11:24 am

Perawatan rutin pada anjing diberikan agar anjing tampak indah dan sehat.

Ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan :

Bulu disekitar mata

Bulu disekitar matanya harus rapi dan bersih, tidak menutupi atau bahkan masuk ke mata karena ini jelas-jelas akan mengganggu pandangan, dan anjing akan sering mengusap-usap matanya, akibatnya mata anjing dapat teriritasi.

Telinga

Telinga dalam dan luar harus dalam kondisi bersih. Memang sih biasanya anjing paling tidak suka telinga dalamnya dibersihkan, tapi hal ini harus dibiasakan. Gunakan kain halus dicampur baby oil, agar tidak terasa sakit.

Kuku

Pemotongan kuku harus ekstra hati-hati, jangan sampai kuku yang dipotong terlalu dalam, bisa-bisa berdarah dan anjing akan kapok dipotong kukunya. Kuku yang harus dipotong adalah kuku yang warnanya agak keruh dan putih, itu yang disebut kuku mati.

Nah kalo kuku anjing warnanya hitam memang sangat susah membedakan mana yang kuku hidup dan mana yang kuku mati, kalau begitu potong saja ujung kuku yang tajam. Gunakan gunting kuku khusus anjing, jangan gunakan gunting kuku yang biasa kita pakai.

Gigi

Kalau anjing anda makan dog food kering kesehatan dan kebersihan giginya bukan masalah besar, tapi kalu dia makan dog food basah, maka anda harus rajin membersihkan giginya. Bersihkan dengan kapas basah, dan berikan mainan untuk dikunyah-kunyah. Hal itu untuk menghindari sisa-sisa makanan menempel di gigi geraham.

Kalau plak sudah nempel dan mengeras maka susah untuk membersihkannya walau si anjing sudah sibuk-sibuk menggigit mainannya. Di klinik atau salon anjing sekarang sudah ada pelayanan membersihkan gigi, hebat kan. Kalau plak nya udah tebal dan anjing nya bandel biasanya pake acara dibius, tapi aman kok, jangan lupa cari klinik atau salon yang terpercaya.

Bulu pada tubuh

Jangan lupa untuk anjing yang berbulu lebat atau panjang harus selalu disisir agar tidak kusut, dan agar kotoran yang menempel dapat jatuh. Bulu yang tidak kusut tentu indah untuk dipandang.

Kalau dianggap perlu anda juga dapat memotong bulu-bulu yang dianggap sudah panjang anda bahkan dapat berkreasi dengan bulu-bulu mereka. Mau dipotong model apa atau mau diberi aksesoris apa, pasti lucu dan membuat kita semakin rajin merawat bulunya.

Sumber:

www.duniaanjing.blogspot.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: