EXC09lolitawinoto’s Blog

July 9, 2009

Anjing dan Kesehatan Manusia

Filed under: Keistimewaan Anjing — lolitawinoto @ 10:59 am


cute2Sampai saat ini, anjing telah lama dipercaya untuk menjadi sahabat manusia. Hewan tersebut dapat membantu pencarian barang-barang terlarang seperti bom dan narkotika, mencari jejak pelaku tindak kriminal dan membantu menemukan anak-anak yang hilang dengan mengandalkan indera penciumannya yang tajam. Beberapa jenis anjing bahkan dapat dilatih untuk menjadi pendamping penderita penyakit epilepsi, jantung dan diabetes.

Keuntungan memiliki anjing pendamping dialami oleh Leigh Meyer dari Hunterville. Meyer menderita beberapa episode kejang-kejang akibat epilepsi sejak masih berumur 17 tahun. “Cyrano mempermudah hidup saya”, kata Meyer, “Anjing itu membuat saya dapat mencicipi kehidupan normal”. Perilaku Cyrano berubah sekira 30 menit sebelum setiap serangan kejang-kejang yang menimpa Meyer,. Tiba-tiba Cyrano menjadi sangat gelisah dan mulai menggonggong lirih sambil menatap Meyer.  Tanda-tanda tersebut memberikan waktu pada Meyer untuk menghentikan semua kegiatannya, menjauh dari anak-anaknya dan mempersiapkan diri. Begitu episode tersebut dimulai maka Cyrano akan berdiri di dekat Meyer sampai serangan tersebut berakhir yaitu sekira 2 – 4 menit.

Pengalaman Meyer tersebut menunjukkan dua kenyataan. Kenyataan yang pertama adalah anjing pendamping memiliki kemampuan untuk memperingatkan krisis medik yang akan dialami penderita penyakit epilepsi, jantung, dan diabetes meskipun cara anjing-anjing pendamping tersebut untuk dapat mendeteksi perubahan belum dapat diketahui. Beberapa peneliti dalam bidang ini percaya bahwa kemampuan tersebut didasari oleh kemampuan observasi,daya penciuman atau kombinasi dari keduanya.

Yang kedua adalah setiap anjing pendamping mengembangkan tanda-tanda tersendiri untuk memperingatkan pemiliknya. Beberapa anjing akan berdiri menghalangi si pemilik dan menolak untuk bergerak, anjing lainnya akan mendorong pemiliknya ke kursi dan menjaganya agar tidak dapat bangkit, bahkan ada anjing pendamping yang hanya akan berhenti melakukan apapun dan menatap pemiliknya dengan tajam.

Seorang pelatih anjing pendamping, Joan Bussard, mengatakan bahwa bagian yang paling sulit dalam melatih anjing pendamping adalah membantu pemilik anjing-anjing tersebut untuk mengenali tanda-tanda yang dikeluarkan oleh peliharaannya. Tanda-tanda yang diberikan oleh anjing-anjing tersebut kadang-kadang sangat jelas, tetapi bisa juga sangat terselubung. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan menebak. Bussard bahkan mengatakan bahwa akan lebih mudah untuk semua orang apabila anjing-anjing tersebut dilatih berbicara bahasa manusia terlebih dahulu.

Sumber: www.anjingras.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: