EXC09lolitawinoto’s Blog

July 9, 2009

COKLAT VS ANJING

Filed under: Makanan Anjing — lolitawinoto @ 11:07 am


Jangan sembarangan memberikan coklat pada anjing kesayangan kita, karena dampaknya akan berbahaya. Mungkin bagi kita coklat adalah makan yang sangat lezat (terutama bagi kaum wanita). Tetapi bagi anjing peliharaan kita, ternyata coklat sangat berbahaya, karena zat yang terkandung di dalamnya.

Coklat mengandung zat kafein dan zat theobromine. Zat ini ternyata zat yang sangat beracun untuk anjing kesayangan kita. Banyak orang meremehkan, dan tetap memberikan coklat sebagai snack pada anjing peliharaannya. Mereka biasanya bilang bahwa anjingnya sudah terbiasa dan sangat doyan dengan coklat, dan tidak pernah ada masalah. Padahal , setiap tahun khususnya di Amerika banyak kasus kematian anjing yang disebabkan oleh coklat.

Anjing yang keracunan coklat terserang sakit perut yang luar biasa, biasanya disertai dengan muntah, atau muntah darah. Muntahannya biasanya berbau coklat. Kemudian anjing akan mengeluarkan cairan liur yang berlebihan, gelisah, dan sulit untuk berdiri atau berjalan karena tubuh terasa kaku dan kejang. Rasa haus akan meningkat padahal air liur terus keluar, anjing akan minum terus sampai kemudian muntah lagi.

Kalau tidak segera diberi pertolongan, keadaan anjing akan menjadi lebih parah lagi seperti meningkatnya pernafasan, tremor otot, tubuh kaku, air kencing mengandung darah, gusi membiru, kejang-kejang, dan akhirnya mati.

Biasanya, dokter hewan kalau melihat gejala-gejala tersebut kebanyakan memvonis anjing terkena penyakit distemper syaraf atau parvo, karena gejalanya hampir sama.

Nah, di Indonesia jarang sekali dilaporkan anjing mati karena serangan racun coklat tetapi lebih sering dilaporkan karena serangan distemper syaraf, parvo atau keracunan obat serangga.

Sayangnya, tidak ada obat yang bisa menawarkan racun coklat. Biasanya oleh dokter, anjing hanya diinfus dan diberi tambahan oksigen, agar anjing dapat bertahan sampai racun coklat tersebut hilang dengan sendirinya.

Note: Jumlah dan jenis coklat yang dimakan dan tingkat toleransi pada anjing juga menentukan . Tapi, untuk membunuh seekor anjing yang beratnya sekitar 10 kg dibutuhkan rata-rata 250 gram coklat saja.

Sumber :

www.anjingkita.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: